Tuesday, December 17, 2013

Perbandingan Kinerja Game antara Haswell Core i3 dan Core i7

pict
Kebutuhan PC maupun notebook gaming dengan performa tinggi bagi para gamers merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak saat ini. Munculnya game baru yang menawarkan efek dan tekstur gambar 3D yang lebih tinggi tentu saja membuat kenyamanan bermain game semakin meningkat, akan tetapi tentu saja harus dibayar dengan kocek yang tidak sedikit apabila para gamers menginginkan resolusi serta kualitas tekstur yang lebih tinggi. Banyaknya varian prosesor, motherboard maupun kartu grafis yang muncul di pasaran terkadang membuat kita bingung dalam menentukas spesifikasi apa yang cocok sesuai dana yang kita miliki untuk membangun sebuah PC Gaming atau memilih notebook gaming yang tepat.
Selama ini banyak dari kita yang berpendapat bahwa untuk bermain game dengan nyaman dan optimal, sebuah prosesor dengan spesifikasi tinggi mutlak diperlukan agar tidak terjadi bottleneck terhadap sistem, terutama graphic card high end yang akan menurun performanya jika dipadukan dengan prosesor yang memiliki spesifikasi dan kecepatan rendah. Sebagai contoh prosesor Intel Core i7 atau Core i5 seringkali kita lihat sebagai prosesor yang digunakan para gamers sebagai spesifikasi minimum untuk PC Gaming mainstream atau high end.

Banyak yang berpendapat bahwa menggunakan prosesor entry level seperti Intel Core i3 akan menyebabkan bottleneck pada sistem. Apakah itu benar? Lalu bagaimana kita menyiasati dana yang terbatas tapi masih tetap mumpuni untuk bermain game? Apakah Intel Haswell Core i3 dapat menjadi alternatif yang tepat untuk menyiasati dana yang terbatas? Penasaran dengan performanya dibandingkan dengan Intel Core i7 dan Core i5, maka kami sedikit melakukan test dengan menggunakan prosesor entry level dari Intel tersebut dan ini lah sedikit hasil test yang kami lakukan, mudah-mudahan dapat sedikit menjawab rasa penasaran anda semuanya.
Sekarang mari kita lihat spesifikasi antara Core i7 dengan Core i3 dari prosesor Intel generasi keempat :
spek
Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada jumlah core physical yang dimiliki 4770k sebanyak 4 core dan 8 logical thread, sedangkan Core i3 hanya memiliki 2 physical core dengan 4 logical thread dengan hyper threading, kecepatannya yang berbeda 500Mhz karena Core i7 4770K mempunyai kecepatan 3.9Ghz dengan turbo boost dan Core i3 4130 hanya memiliki kecepatan 3.4Ghz tanpa turbo boost. Selain itu Core i7 juga memiliki cache yang  lebih besar, yaitu 8MB, dibandingkan Core i3 yang hanya memiliki 3MB cache saja. Akankah perbedaan yang cukup signifikan akan berpengaruh banyak terhadap kinerja game antar keduanya? Langsung saja kita uji dengan game benchmark setelah ini.
Pengujian terhadap kinerja game kami lakukan pada beberapa benchmark game, yaitu Sniper Elite, Battlefield 4 dan Sleeping Dog dengan kecepatan default prosesor. Graphic card yang digunakan adalah nVidia Geforce GTX 780, untuk melihat seberapa jauh prosesor dapat memberikan performa optimal terhadap sistem, terutama terhadap graphic card high end. Resolusi yang digunakan adalah 1920×1080 Full HD dan semua game benchmark dijalankan pada extreme preset.  Berikut hasil benchmark-nya.
Sniper Elite : Core i3 4130 + GTX 780
i3
Sniper Elite : Core i7 4770K + GTX 780
i7se
Dari hasil benchmark di atas, terlihat bahwa kinerja Core i3 hanya terpaut sangat sedikit saja dengan Core i7. Hasil ini memang cukup mengejutkan, sekaligus menggembirakan buat para gamer yang ingin membangun sebuah PC Gaming dengan dana yang terbatas. Untuk lebih mengetahui kinerjanya lagi, kami menggunakan salah satu game yang baru saja dirilis dan memiliki spesifikasi yang cukup berat, yaitu Battlefield 4. Berikut hasil testnya :
bf4
Pengujian game yang terakhir kami lakukan adalah dengan melakukan benchmark pada game Sleeping Dog, dengan extreme preset, dan berikut hasil pengujiannya :
Sleeping Dog Extreme Preset : Core i3 4130 + GTX 780
sdi3
Sleeping Dog Extreme Preset : Core i7 4770K + GTX 760
SDi7
Dengan 3 game di atas, tampaknya cukup memberikan gambaran mengenai kinerja Haswell Core i3 4130 yang ternyata performanya tidak kalah dengan Core i7 4770K dan mampu memberikan performa yang optimal dengan graphic card high end sekalipun. Dengan perbedaan harga lebih dari 2,5 juta rupiah, ternyata Haswell Core i3 4130 jika disandingkan dengan graphic card high end, performanya hampir menyamai performa dari Core i7 4770K. Jadi, jika anda harus memilih spesifikasi sebuah PC gaming, dengan estimasi dana yang sama, konfigurasi manakah yang akan anda pilih untuk membangun sebuah PC gaming? Apakah Core i3 + GTX 780 ataukah Core i7 + GTX 760?
Performa yang dimiliki Haswell Core i3 4130 dengan kecepatan 3.4Ghz ternyata tidak kalah dengan performa Haswell Core i7 4770K yang jauh lebih mahal. Dari benchmark yang sudah dilakukan di atas, ternyata performanya hanya terpaut sedikit saja, bahkan dengan konfigurasi dengan estimasi harga yang sama, Core i3 mampu menunjukkan price performance terbaik untuk sebuah PC gaming. Belum lagi dengan konsumsi dayanya yang jauh lebih rendah, mampu menambah satu lagi keunggulannya dibandingkan Core i7 jika dipakai hanya sebagi PC gaming murni, tidak untuk tugas berat seperti rendering dan editing. Dengan estimasi harga yang sama, kita dapat memperoleh graphic card yang jauh lebih tinggi dikarenakan selisih harga yang terpaut cukup besar, sehingga selisih harga prosesor Core i3 dan Core i7 bisa dialokasikan untuk membeli graphic card dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
Jadi, masihkan anda percaya dengan mitos bottleneck pada sistem?

No comments:

Post a Comment

home